Meskipun Banyak Kelebihan, Orang Bertangan Kidal Punya Kekurangan Yang Mencengangkan

Meskipun Banyak Kelebihan, Orang Bertangan Kidal Punya Kekurangan Yang Mencengangkan.Beraktifitas dengan dominan menggunakan tangan kiri nampak tidak lazim karena pada umumnya orang orang dominan menggunakan tangan kanannya untuk melakukan kegiatan sehari-hari.Bertangan kidal merupakan sifat alami yang bisa muncul pada siapa saja. Kidal biasanya muncul dengan tidak disadari. Setelah balita sudah bisa ditandai kalau seseorang bertangan kidal. 


Anythinglefthanded.co.uk merilis kelebihan orang kidal dibandingkan dengan orang biasa berikut adalah diantaranya :  

Keuntungan dalam berbagai cabang olahraga

Hampir semua pemain baseball bisa menggunakan kedua tangannya dalam suatu pertandingan. Mulai dari memakai sarung tangan hingga melempar bola dominan menggunakan tangan kiri.
Bahkan beberapa pemain baseball yang kidal memiliki sarung tangan khusus untuk tangan kirinya. Ada pula keuntungan tangan kidal di bidang olahraga lainnya seperti tinju,tenis dan bulutangkis.

Pintar dan Cerdas

Walaupun peneliti tidak tahu penyebab orang kidal memiliki IQ yang tinggi bahkan digolongkan sebagai orang cerdas, tapi kenyataannya 20 persen anggota Mensa (organisasi orang dengan IQ tinggi di Inggris) memiliki tangan kidal. Beberapa orang mengira bahwa orang kidal dipaksa untuk menggunakan kedua sisi otaknya lebih sering, sehingga memungkinkan orang kidal lebih mudah untuk menangkap informasi atau hal baru.

Mampu mendeteksi bawah air

Mungkin terdengar aneh antara kemampuan tangan dapat mempengaruhi penglihatan. Namun para ilmuwan menyimpulkan adanya hubungan dari kemampuan otak yang lebih dominan pada orang kidal, sehingga mampu memfokuskan penglihatannya untuk mendeteksi lebih cepat dan baik saat di bawah air.

Kemampuan multitasking

Orang kidal mempunyai kemampuan otak yang lebih cepat dari orang normal. Dan ini mempengaruhi adanya kebiasaan multitasking (mengerjakan pekerjaan lebih dari satu dalam waktu yang sama) yang dimiliki orang kidal.
Para peneliti menemukan bahwa percakapan antara otak kiri dan kanan terjadi lebih cepat ada orang kidal dan semakin dominan otak kiri akan semakin baik untuk multi-tasking.

Otaknya lebih mengingat

Studi menunjukkan bahwa memori yang dimiliki orang bertangan kidal mempengaruhi kemampuan ingatan yang lebih baik daripada orang normal. Terutama untuk memanggil ingatan kembali (recall memory).

Meskipun Banyak Kelebihan, Orang Bertangan Kidal Punya Kekurangan Yang Mencengangkan

fakta yang mecengangkan diatas, sayang dibarengi dengan kekurangan dan kelemahan orang kidal.

Orang Kidal Cenderung berumur lebih pendek

Sebuah penelitian menyebutkan sebesar 13 persen dari jumlah orang kidal berumur 20 tahun, hanya 5 persen dari mereka yang mencapai usia 50 tahun. Bahkan dari jumlah tersebut hampir tidak ada orang kidal sampai berumur 80 tahun keatas. Namun benarkah orang kidal umurnya lebih pendek? Riset menyebutkan bahwa kecilnya harapan hidup orang kidal ini mencerminkan resiko biologis dan lingkungan mereka. D.F Halpem dan S. Coren tim psikolog dari Amerika melalui artikel yang dipublikasikan di jurnal nature pada tahun 1988, mengidentifikasi penyebab ke dalam tiga bagian. Yakni kemungkinan tekanan mental saat melahirkan lebih besar bagi wanita yang bertangan kidal.

Kekebalan tubuh yang lemah

Orang kidal cenderung memiliki imunitas lebih rendah pada penyakit, serta tingkat kecelakaan yang lebih tinggi. Dibuktikan dari sebuah artikel di tahun 1993 yang menyatakan orang kidal lebih memiliki frekwensi depresi lebih tinggi, penyalahan obat, bunuh diri. Masa tubuh yang rendah saat lahir, gangguan tidur serta penyakit autoimun. Sementara sebuah survey yang diambil dari 1000 partisipan yang baru saja meninggal menyebutkan,orang kidal cenderung meninggal 9 tahun lebih cepat. Artinya rata rata usia kematian dari orang yang menggunakan tangan kanan adalah 75 tahun sementara usia rata rata kematian orang kidal adalah 66 tahun.

40% Orang kidal menderita stress akut

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan jika pemilik tangan kidal cenderung menderita Schizophrenia daripada despresi. Pada penelitian di Oxford yang baru baru ini ditemukan, bahwa suatu gen dapat meningkatkan seseorang untuk untuk menjadi kidal sekaligus mengalami Schizophreni. Selain itu penelitian lainpun menyebutkan orang kidal lebih beresiko terkena gangguan mental seperti Schizophrenia atau gangguan bipolar dari orang yang menggunakan tangan kanan. Schizophreniasendiri diartikan sebagai gangguan biokimia komplek pada otak yang mempengaruhi kemampuan seseorang membedakan kenyataan atau fiksi. Dan hingga ssat ini belom ditemukannya obat yang menyembuhkan Schizophrenia secara total.

BACA JUGA : Mitos dan kenyataan Anak berbakat

Orang kidal Mudah Marah 


Orang kidal ternyata lebih mudah marah, sebuah artikel yang berasal dari The Journal of Nervous and Mental Disease ini mengatakan bahwa porsi menggunakan tangan kiri dan kanan juga mempengaruhi bagaimana otak memproses emosional seseorang. Otak kita bekerja secara terbalik dimana otak kanan mengatur bagian kiri, sedangkan otak kiri mengatur bagian kanan. Sahabat anehdidunia.com jika kegiatannya adalah belajar, maka otak kirilah yang lebih mengatur scientific skill seperti matematika, logika dan lain lain. Namun karena tangannya terbiasa menguasai kiri secara tidak langsung, mereka juga membuat aktif otak kanan mereka, karena otak kanan yang mengatur bagian kiri. Sehingga membuat komunikasi antara otak kanan dan kiri menjadi sangat intens. Interkasi kedua otak yang sangat tinggi inilah menghasilkan energi emosional yang negatif pada orang kidal seperti amarah.

Berdasarkan fakta kakta diatas bahwa orang kidal sebenarnya adalah sosok yang mempunyai sifat unik sekaligus misterius. walaupun para ilmuwan mampu menyimpulkan faktanya, namun tidak tahu penyebab mengapa para orang kidal mempunyai kelebihan dan kekurangan seperti ini. Inilah kebesaran Allah dan hanya Allah yang mengetahui rahasianya. 

Demikian kelebihan dan kekurangan orang bertangan kidal

Berlangganan Via Email

Suka dengan artikel di atas? nggak ada salahnya untuk berlangganan artikel terbaru dari blog ini langsung via email.