Cara Alami Memblender Bumbu Rempah Lebih Enak Dan Awet

Cara memblender bumbu mentah bisa awet dan enak. Memblender merupakan aktifitas memasak yang wajib dilakukan agar memasak lebih praktis, mudah dan cepat di tengah kesibukan dalam aktifitas sehari hari. Hampir semua bumbu mentah maupun rempah yang akan di masak atau ditumis biasanya dilakukan dengan memblender. Bahkan untuk menjaga agar tidak harus memblender setiap hari, bisa dilakukan dengan hanya seminggu sekali. Dengan cara ini and tak perlu membeli bumbu yang sudah siap dipasaran. Selain komposisi bumbu yang meragukan higienis dan komposisinya, para pembuat bumbu nakal juga bisa jadi menggunakan bahan bahan yang sembarangan atau bahkan zat pewarna dan penyedap yang membahayakan kesehatan. Oleh karena itu alangkah baiknya membuat bumbu sendiri jauh lebih sehat ketimbang membelinya.

Menghaluskan bumbu menggunakan blender dan bumbu tersebut adalah untuk tumisan, misal; 'tumis ikan pedas kering', saran saya adalah gunakan buah tomat saat memblender dan tanpa menggunakan  air. Tomat memberikan rasa asam yang enak, cocok untuk tumisan kering. Namun kalau anda tak suka menggunakan tomat, saya pernah mencoba menggunakan minyak kelapa saat memblender tanpa air sedikitpun, hasil yang didapat tidak jauh berbeda saat saya menggunakan codet/ulekan untuk penghalusan bumbu, apalagi bumbu lebih halus. Caranya adalah campurkan minyak kelapa sebanyak 2 sendok makan saat memblender bumbu. Namun ada baiknya jangan terlalu halus saat memblender bumbu untuk tumisan kering, supaya lebih terlihat alami. Oke, Bumbu siap ditumis.
Berikut ini adalah tips agar cara memblender bumbu mentah bisa awet dan enak bahkan bisa tahan seminggu dalam kulkas :

Cara memblender bumbu dapur lebih enak dan awet

Siapkan bahan rempah atau sambal yang akan anda blender. Jika anda ingin membuat lebih dari satu jenis bumbu seperti bumbu soto, kari, sambal dan bumbu yang lain, pastikan blender harus dalam keadan bersih. Masukkan 3-4 sendok makan minyak goreng kedalam blender untuk takaran 1/2 kg bumbu yang akan diblender. Jangan ditambahkan air kalau kurang encer, gunakan minyak goreng sebagai pengencernya. Lakukan blender bumbu seperti biasa sampai mixed . Setelah diblender letakkan bumbu diwadah mangkok plastik atau kaca yang transparan dan dibungkus plastik berwarna putih diikat kuat. Simpan di lemari pendingin (bukan beku) .

BACA JUGA : Tips memanfaatkan tomat yang sudah pecah
Demikian cara alami memblender bumbu rempah lebih enak dan awet




Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Cara Alami Memblender Bumbu Rempah Lebih Enak Dan Awet "

Post a Comment