3 Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui

3 Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui. Mempunyai bayi yang lahir sehat pasti jadi keinginan semua ibu hamil, untuk mendapatkannya tentu saja ibu harus berusaha dan selalu menjaga kesehatan kandungan anda. Untuk itu kesehatan dan kebugaran pibu hamil harus menjadi perhatian serius agar kelak si buah hati mampu tumbuh adn berkembang sehat dan cerdas sesuai dengan keinginan para orang tua yang sangat diidam idamkan.

Selain itu cara menjaga kesehatan ibu hamil banyak dilakukan dengan berbagai cara seperti mengkonsumsi makanan bergizi, berolah raga ringan, istirahat yang cukup, memperhatikan lingkungan sekitar dan sering seringlah berkonsultasi dengan dokter kandungan anda.

Kesehatan seorang ibu hamil ternyata sangat memiliki efek yang sangat besar terhadap calon buah hatinya. Untuk itu jika anda menginginkan buah hati anda terlahir sehat, anda pun harus menjaga kesehatan tubuh anda. berikut ini adalah beberapa tips menjaga kehamilan dan menjaga kesehatan anda dan sang buah hati.


Salah satu cara untuk menjaga kesehatan bayi dan ibu hamil adalah dengan istirahat yang cukup.Untuk seorang ibu hamil memang harus lebih banyak beristirahat, setelah melakukan beberapa aktifitas maka selanjutnya anda dapat beristirahat untuk rileksasi pikiran dan tubuh yang telah lelah. Seorang ibu hamil harus meluangkan banyak waktu untuk beristirahat, karena dampaknya akan sangat berbahaya untuk seorang ibu amil ang terlalu banyak beraktifitas dan terlalu lelah.

Salah satu yang menjadi perhatian penting dalam menjaga istirahat ibu hamil adalah dengan tidur. Untuk itu satu yang menjadi perhatian dalam tidur ibu hamil adalah menjaga posisi tidur.Menjaga posisi tidur ibu hamil harus benar benar perhatikan untuk menjaga kesehatan janin maupun kesehatan ibunya. Janin yang semakin lama semakin besar akan menyulitkan ibu hamil untuk menggerakkan badannya. Posisi tidur yang tidak pas akan mengakibatkan kaki bengkak, otot nyeri, bahkan bisa mengakibatkan penurunan tekanan darah atau sebaliknya.

BACA JUIGA : Kebiasaan Bermekup Bisa Mengungkap Karakter Wanita
lalu bagaimana posisi tidur ibu hamil yang disarankan para dokter untuk menjaga kesehatan janin ?

Jangan Telentang

Ketika memasuki umur kehamilan memasuki bulan kelima, ibu hamil dianjurkan untuk tidak tidur dalam keadaan telentang. hal ini akan mengakibatkan pembuluh darah utama dan vena cava inferior bisa meningkat bila tidur ibu hamil . Keadaan ini akan mengakibatkan terhambatnya peredaran darah sehingga bisa memicu pembengkakan pada bagian tubuh atau edema. Vena cava inferior adalah pembuluh balik besar bawah yang terletak di belakang perut bagian bawah. Tugasnya adalah membawa darah kotor dari tubuh bagian bawah ke jantung.

Posisi Miring ke Kiri

Sebagian ahli kandungan menganjurkan tidur orang hamil lebih baik miring ke kiri. Tujuannya adalah peredaran darah lebih lancar, baik yang menuju jantung maupun yang menuju ke rahim, janin, dan ginjal. Selain itu, posisi miring ke kiri akan membuat bagian abdomen atau perut lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang terletak di sisi kanan. Posisi tidur menyamping ke kiri juga dapat mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan tangan dikarenakan ginjal bekerja lebih bebas dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh. Bila ginjal menahan cairan dan zat sisa, ibu hamil bisa mengalami edema.
Posisi Tidur Ibu Hamil
Posisi tidur ibu hamil

Posisi bantal yang nyaman

Bantal yang baik adalah yang lembut agar dapat membantu menjadikan posisi tidur ibu hamil terasa lebih nyaman. Bila tidur terasa sesak napas atau bernapas pendek, letakkan bantal di bawah sisi samping tubuh untuk menaikkan posisi dada. Bila ibu hamil merasakan sakit pada ulu hati, letakkan beberapa bantal di bagian kepala agar posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi.Untuk menjaga asam lambung tidak naik, Ibu hamil bisa tidur dalam posisi setengah duduk . 

BACA JUGA : Cara Diet Dengan Menjadi Vegetarian

Sementara itu, untuk menyangga tubuh tetap dalam posisi menyamping ke kiri, Anda dapat mengganjal dengan bantal di bagian perut dan punggung. Bantal khusus ibu hamil juga bisa digunakan untuk membuat tidur menjadi lebih nyaman.

Demikian 3 Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui

Related Posts

3 Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Harus Anda Ketahui
4/ 5
Oleh